Banyak hal yang harus di pertimbangkan demi mempertahankan sebuah blog

Menjadi seorang blogger memang sangat gampang sekali, apalagi di era sekarang yang dimana serba tersedia.

Artinya, kita tidak perlu kesana kemari untuk mencari pengalaman tentang belajar menjadi seorang blogger atau mengolah sebuah blog. Tentunya para master sudah banyak menyajikan untuk membantu kita semua berupa artikel yang ada di blog mereka masing-masing.

Agar kita dapat mempelajarinya sebagai mana mereka kala itu, kala pertama sebelum mengenal dunia blog hingga sucses sampai pada saat ini.

Oleh karna itu, jika masih ada orang yang bertanya "ngeblog itu gimana sih?" saya akan langsung menjawab dalam hati "mungkin orang ini tidak pernah buka internet selama hidupnya".

Blog anda mulai jarang update? Dan sebentar lagi akan vakum.

Lagi-lagi sebuah blog sedang dalam bahaya besar dan butuh semangat untuk membangkitkan nya kembali. "saya tidak tahu entah apa yang terjadi pada blog saya".

Lantas anda akan menyerah begitu saja? Dan akan menggantung status blog anda lalu membiarkannya begitu saja?

Lagi-lagi blog akan vakum sebentar lagi dan akan berhenti untuk update. Tidak heran dengan masalah seperti ini. Semua ini tidak berpokok masalah dengan blog anda sama sekali sob.

Jadi, disayangkan kalau blog akan berhenti di tengah jalan, seperti banyak blog lain yang mentlantarkan blog mereka begitu saja.

Ingat bakat yang ada dalam diri kita sebelum menggantung sebuah blog

Kita memang tidak bisa terlalu berharap jika kita akan sucses dengan sebuah blog yang sedang kita kelolah saat ini.

Namun terkadang, semua bergantung dengan usaha dan ke gigihan kita sendiri dalam mengolah dan mempertahankan sebuah blog.

Jadi tiada yang mustahil, jika kita tetap yakin dan bertahan kalau sesuatu yang kita kelolah akan mampu untuk kita dongkrak lewat semangat kita.

Untung-untung kita bisa sucses dan mendukung peluang yang banyak untuk bakat yang ada dalam diri kita.

Perhatikan sudut pandang yang berbeda antar blog anda dengan blog lain sebelum anda memutuskan untuk vakum

Coba kita jalan-jalan ke blog teman atau blog-blog tetangga yang sedang berkarya sampai saat ini, kok mereka bisa tetap semangat dan bertahan ya? Itu dia...

Untuk itu, sebagai seorang blogger, perbanyak jalan-jalan dan memantau-mantau kesana dan kemari kesini dan kesitu untuk cari angin. Bukan malah buang angin sembarangan.
Karna, dari situ kita akan berkembang dengan melihatnya berbagai kemajuan di berbagai blog-blog teman dan tetangga lain.

Sehingga kita dapat membandingkan dengan apa yang saat ini terjadi pada blog kita sendiri dengan blog orang lain. Dan dapat memacu semangat kita dalam bersaing secara terus-terusan tanpa harus terhenti atau vakum.

Vakum atau terhentinya sebuah blog, disebabkan dengan beberapa faktor. Entah itu dengan pengurusnya yang dimana kegiatannya sangat padat di dunia nyata, sehingga ia memutuskan untuk memilih meninggalkan sebuah blog.

Maupun terkadang karna disebabkan dengan masalah pada blognya sendiri yang mana kian lama blognya kian meng kampret diakibatkan dengan ulahnya sendiri yang tidak tahu caranya untuk mengelolahnya.

Jelas kita sebagai seorang blogger harus tetap berusaha semampu dan sebisa kita. Kita tidak bisa tahunya hanya membuat postingan saja lalu setelah itu kita nyantai dan duduk enak hanya menunggu.

Itu hanya di hari-hari awal saja dapat anda lakukan saat ini, namun percayalah dengan saya, dibulan berikut anda akan berencana untuk menutup blog anda setelah itu. Itu sudah banyak terjadi.

Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut, berikut beberapa hal yang perlu kita lakukan...

Berikut Beberapa Hal Untuk Mengantisipasi Agar Blog Anda Tidak Terhenti Di Tengah Jalan.

1. Jangan hiraukan setiap tanggapan buruk orang tentang karya anda

Terkadang seorang teman berbeda tanggapan dari beberapa tanggapapan teman-teman lainnya, mungkin disebabkan dengan beberapa faktor pula.

Memang jelas sangat berbeda setiap tanggapan dan sudut pandang seseorang dalam menilai setiap hasil karya anda.

Kadang juga karna kualitas dari apa yang anda sajikan kurang memungkinkan dalam penilayan mereka, sehingga mendatangkan aroma negatif dalam setiap tanggapan mereka. Namun, itulah yang seharusnya terjadi.

Dan terkadang seseorang tidak tahu cara mengolah setiap kosa kata dan cara penyampaiannya, sehingga ia langsung saja mengeluarkan kata tidak baik untuk menanggapi setiap karya anda.

Ini adalah sala-satu faktor terbesar yang termasuk dalam bilangan yang dimana paling cepat breaksi dalam pikiran tanpa menunggu lama, yang dimana akan mempengaruhi anda dan membawa blog anda akan jadi terhenti di tengah jalan.

Jadi, hal ini dapat anda pilar dan lawan kembali ke arah yang seharusnya. Agar bagai mana anda tetap selalu kuat, tabah, dan semangat dalam menghadapi apapun tanggapan orang tentang karya anda.

Jadikanlah sebagai sebuah motifasi bagi diri anda dalam menanggapinya.

2. Tetap semangat meskipun tidak ada pembaca yang datang dan menanggapi setiap karya anda

Terkadang juga, tidak setiap saat dan tidak selalu orang akan datang dan membaca setiap karya anda di blog. Begitulah yang terjadi sesungguhnya.

Sebaliknya anda, kadang kala kita sedang tidak mod untuk kesana dan kemari atau membaca sebuah artikel pada setiap blog.

Kadang disebabkan dengan beberapa faktor yang ada, entah itu kesibukan kita pada setiap suatu hal atau mungkin karna terlalu lelah. Dan terkadang juga disebabkan dengan suatu topik dan pembahasan dalam suatu artikel.

Sehingga kadang kita malas untuk mendatangi suatu tempat atau blog untuk memberi suatu tanggapan terhadap setiap artikel.

Tampak jelas, hal ini juga punya efek dan berpengaruh sangat besar pada kita dan blog kita sendiri, dimana reaksinya akan membawa semangat kita menjadi menurun sehingga bawaannya menjadi malas.

Jadi anda harus pintar untuk menanggapi hal ini dan jangan sampai anda terbuai dari beberapa reaksi buruk dalam hal ini.

Tetaplah semangat selalu dan harus pandai untuk memilarnya, agar bagai mana pembaca tetap selalu datang dan memberi tanggapan pada setiap karya anda.

Karna hal semacam ini tidak akan berlangsung dengan lama biasanya, hanya perlu menunggu karya selanjutnya yang mana lebih enak di baca dan di tanggapi dengan baik.

Namun terkadang kita salah dalam menanggapinya yang mana terlalu berlebihan, sehingga terkadang kita memutuskan untuk segera menutup blog kita hanya gara-gara tidak ada pengunjung yang membaca karya kita.

Jangan sampai terjadi reaksi buruk hanya karna beberapa faktor yang kurang anda fahami.

3. Kurangi membuat postingan yang berlebihan dan fokus dengan satu postingan yang padat dan bermanfaat

Post berlebihan sudah pernah saya jelaskan efeknya seperti apa, itu berdampak pada karya kita yang mana akan menumpuk di tempat sampah.

Namun, ternyata dampaknya lebih buruk dari apa yang kita duga, bahkan post sering atau keseringan bisa saja membuat anda jadi bosan dan pada akhirnya memutuskan untuk menutup sebuah blog anda.

Sebab, suatu faktor ini menjadi suatu masalah besar bagi diri anda yang dimana menuntut anda setiap hari untuk menerbitkan beberapa post dalam satu hari. Jelas ini suatu hal yang sangat membosankan kian jalannya waktu berlalu.

Faktor lain juga ialah; dimana anda tidak punya suatu persiapan lagi, karna berhubung anda selama ini terlalu banyak menguras dan tidak menyisakan sediktpun sama sekali.

Jadi bisa saja anda tidak fokus lagi dalam membuat postingan berhubung beberapa faktor tersebut dan pada akhirnya anda jadi tidak fokus pada blog.

Jelas ini suatu hal yang ber efek buruk dan breaksi tidak baik untuk anda dan blog anda, jadi anda harus pandai untuk menghindari dampak buruk dari hal ini, agar bagai mana anda tetap selalu semangat dan fokus untuk mempertahankan blog anda.

Jangan sampai hal seperti ini memecah fokus dan konsentrasi serta komitmen anda dalam mengurus dan mempertahankan sebuah blog.

Ada baiknya jika anda lebih fokus dalam satu postingan, meskipun itu satu kali dalam satu minggu. Tetapi anda terfokus dan tertuju dalam satu hal dan satu tujuan saja.

Dan tidak membuat anda mudah bosan dan tidak patah semangat, karna biasanya postingan yang benar-benar kita fokuskan dalam beberapa waktu, itu akan menjadi sebuah moment besar dalam sejarah kita.

4. Kurangi membandingkan blog anda dengan blog para master, tetapi fokuslah untuk tetap menjadi lebih baik dari mereka

Membandingkan diri dengan blog-blog para master yang mana kian lama kian mantantap saja dan makin exsis saja dimata anda.
Tentu saja anda juga ingin seperti mereka, sucses, maju dan sangat semangat juga tampil sangat kreatif, dan semakin lama semakin membaik.

Jelas kita juga semakin bergairah dan tambah semangat untuk mencontohkan mereka agar bagai mana kita bisa cepat menjadi seperti mereka. Sucses, semangat, dan tampil lebih kreatif.

Membandingkan diri dengan blog para master, itu sah-sah saja dan wajar-wajar saja. Malah itu akan lebih baik untuk mendongkrak semangat kreatif anda dalam berkarya.

Namun, dalam hal ini sangat berdampak buruk dan fatal bila anda terlalu keras atau salah membandingkan diri dengan mereka. Bisa saja anda akan jadi frustasi secara terus menerus karna anda maupun blog anda tak kunjung sesucses mereka.

Jadi, efek dan reaksi ini sungguh sangat tidak baik bagi anda dan blog anda, dimana nantinya kian hari anda kian berpikir "mungkin saja saya tak akan mampu untuk menjadi seperti mereka".

Sebelum itu ada baiknya agar anda mengetahui hal ini, agar bagai mana anda tidak terlalu keras untuk membanding kan diri dengan para master-master yang saat ini tengah sucses dan tampil lebih kreatif.

Ada baiknya jika anda harus tetap lebih fokus dan lebih berkomitmen lagi dalam menggapai apa yang ada dalam pikiran anda, meskipun tak segampang dan tak se kreatif seperti mereka saat ini.

Dan ada baiknya pula, jika anda tetap smangat dan terus bekerja keras dan berusaha semampu anda untuk menjadi lebih baik dan lebih kreatif dari mereka.

Dari pada menghabiskan waktu tidak karuan, hanya untuk membanding kan diri dengan mereka, Yang mana nanti ujung-ujungnya membuat anda dan blog anda jadi tidak bangkit lagi.

5. Akrab dan tidak sombong dengan sesama user maupun pengguna lain

Sala-satu faktor besar yang termasuk dalam bilangan penyebab terhentinya sebuah blog ialah; karna banyaknya perselisihan terhadap sesama user sendiri.

Pertengkaran, adu percakapan yang tidak menyenangkan dan saling menjelekan di akibatkan karna adanya aroma-aroma kesombongan yang mulai tampak.

Karna mulai merasa tidak nyaman lagi dengan orang tersebut atau suatu tempat, maka terkadang kita menjadi malas bawaannya. Sehingga memutuskan untuk berhenti atau menggantung sebuah blog yang kita kelolah.

Untuk itu, sebagai seorang blogger harus saling akrab dan saling membangun dan menjunjung tinggi nilai-nilai kekeluargaan satu sama lain.

Untuk menjaga adanya kesombongan dan perslisihan yang ber ujung-ujung pertengkaran yang menghadirkan ketidak nyamanan satu sama-lain.

Jadi, ciptakan kenyamanan dalam kekeluargaan dalam menjalin suatu hubungan antar pengguna lain atau sesama user.

6. Selalu aktif di berbagai kegiatan, entah itu di ruang obrolan, di kolom komentar, grup dan dimanapun

Terkadang kita hanya diam dan memantau dari jarak jauh saja, seolah tidak punya gairah dan semangat hidup untuk bergabung dan bergurau dengan teman-teman.

Percaya tidaknya, ini adalah sala-satu faktor terbesar yang termasuk dalam bilangan, yang mana breaksi buruk bagi anda dalam mengelolah sebuah blog.

Disini saya sebutkan kurangnya pergaulan dengan sesama teman. Sehingga menyebabkan anda lama kelama an menjadi bosan, sehingga di bulan berikut anda akan memutuskan untu berhenti ngeblog.

Jadi, untuk menghindari efek dari reaksi buruk tersebut yang dimana berdampak buruk pula pada anda dan blog anda, ada baiknya jika anda ikut aktif di berbagai kegiatan yang ada.

Entah itu berpromosi, canda gurau di ruang obrolan yang tersedia, atau aktif selalu untuk berkomentar di blog yang menurut anda sejoli dengan anda, atau seperjuangan dengan anda.

7. Kurangi kebiasaan berkurung dan memantau hanya dalam blog sendiri

Kehidupan seorang blogger, tidak akan berkembang jika hanya anda duduk dan berkurung dalam blog sendiri. Atau hanya memantau sekitar blog sendiri.

Anda juga perlu refresing kemana-mana menantau kemana-mana, terutama ke blog-blog teman Untuk membuka wawasan anda dalam mengolah sebuah blog.

Dan juga untuk mengatasi dan mencegah rasa stres dan bosan, yang ber ujung-ujung kemalasan.

Lantas apa yang akan terjadi jika anda hanya duduk diam dan berkurung di dalam blog sendiri? Jelas anda akan stres dan terasa sangat bosan, hingga akhirnya pada bulan berikutnya anda akan memutuskan untuk menutup sebuah blog anda.

Jadi, untuk mencegah hal yang breaksi buruk seperti ini, anda harus pandai untuk nemanipulasi suasananya. Agar bagai mana anda tidak merasa mudah bosan dan tetap slalu semangat dalam memperjuangkan dan mempertahankan blog anda.

8. Tentukan motifasi anda mulai dari sekarang agar anda tidak gampang menyerah dalam memperjuangkan sebuah blog.

Kadang kita serasa seperti tidak punya arah dan tujuan dalam mengelolah sebuah blog, sehingga terkadang membuat kita tidak begitu peduli dengan blog yang kita kelolah.

Hingga pada akhirnya, sedikit masalah sepele membuat kita menjadi terpengaruh besar dan memutuskan untuk menutup blog yang kita kelolah.

Hal ini jelas saja bereaksi dan mengandung dampak sangat buruk untuk kita juga blog, yang dimana mendorong kita untuk kebelakang bukan kedepan.

Malah melemahkan semangat kita untuk bangkit dalam mempertahankan sebuah blog yang kita kelolah.

Untuk itu, tentukan motifasi anda sejak dini dalam mengelolah sebuah blog. Agar anda semakin ter arah dan tidak gampang menyerah dalam mempertahankan sebuah blog anda.

Seperti contoh, saya sangat termotifasi dengan blognya Lisa Nel's. Saya akan tetap berjuang dan berkomitmen agar saya bisa seperti itu.

Agar bagai mana saya bisa tetap sucses dan tetap smangat seperti itu Dan tidak gampang untuk menyerah begitu saja.

Terkadang kita harus termotifasi dengan suatu hal atau seseorang yang mana sangat masuk dalam logika dan pikiran kita.

Sehingga hal itu yang membuat semangat kita jadi mengglegar dari hari ke hari. Agar bagai mana kita bisa menjadi seperti apa yang kita lihat pada sosok yang memotifasi kita saat ini.

9. Kurangi terlalu berharap dengan penghasilan besar dari blog

Kadang kita terlalu bernafsu ingin segera menikmati hasil karya kita sendiri lewat blog yang kita kelolah.

Entah itu lewat jasa tulis kita, maupun dengan berbagai iklan yang menguntungkan dan berbagai penghasilan lainnya lewat blog.

Wajar saja jika seorang blogger berharap akan segera menikmati hasil karyanya lewat blog yang ia kelolah, layaknya blog yang lain.

Namum semua itu ada aturan-aturan mainnya, dan ada masa-masa dan saat yang tepat untuk anda mendapatkan dan menikmatinya.

Jelas hal ini sangat berpengaruh dan punya reaksi buruk jika anda tidak tahu cara untuk mengantisipasinya.

Bisa saja anda menjadi malas untuk mempertahankan sebuah blog anda hanya gara-gara dampak buruk dari faktor ini. Dan anda jadi tidak fokus untuk ngeblog lagi dan berencana untuk vakum.

Sebab bisa saja anda berpikir, "mungkin saja saya tidak akan mampu untuk menghasilkan uang dari blog saya seperti mereka".

Maka dari itu, dengan mengurangi untuk tidak berharap akan penghasilah dari blog yang mana malah berdampak buruk bagi semangat kita dalam mempertahankan sebuah blog yang kita kelolah.

Maka kita akan dapat mengantisipasi berbagai hal yang mencoba membuat semangat kita menjadi menurun, yang mana ujung-ujungnya berdampak buruk bagi blog kita sendiri.

10. Cintai blog anda dan juga pembaca yang selalu meluangkan waktu untuk slalu datang membaca

Dengan mencintai blog yang mana tempat kita berkarya sehari-hari, maka kita akan selalu mempertimbangkan setiap keputusan.

Terkadang kita mengambil suatu keputusan untuk menutup sebuah blog karna kurangnya rasa cinta kita dengan sepenuhnya terhadap blog kita.

Untuk itu cintailah blog anda sepenuh hati, sehingga tidak akan ada alasan lagi bagi anda untuk memutuskan akan menutup sebuah blog.

Anda tahu kekuatan cinta itu seperti apa bukan? Jadi apapun berbagai rintangan yang datang menghalang dan mengganggu anda selama anda berkarya, itu sama sekali tidak jadi sebuah masalah bagi anda.

Sebab anda sudah mencintai blog anda sepenuh hati anda dan selamanya akan selalu bersama dengan anda dalam suka dan duka susah dan senang.

Sebaliknya dengan pembaca, kadang karna kita tidak mencintai mereka sebagai pembaca yang senantiasa datang meluangkan waktu untuk membaca setiap karya kita selama ini.

Maka terkadang banyak blog yang tutup dan tidak lanjut berkarya sampai saat ini disebabkan karna mereka kurang mencintai pembaca yang selalu meluangkan waktu untuk datang ke blog mereka.

Untuk itu, cintailah pembaca dengan sepenuh hati anda. Agar anda tetap selalu punya semangat setiap hari, dan selalu mempertimbangkan segala sesuatu untuk mereka.

Entah itu suatu saat anda akan menutup blog, maka anda punya pertimbangan besar dalam mengambil keputusan yang merugikan anda, blog anda, dan pembaca anda.

Itulaha beberapa hal yang perlu kita lakukan untuk mengantisipasi agar tidat terjadinya efek buruk yang ujung-ujungnya akan memutuskan untuk menutup sebuah blog yang kita kelolah.

Semoga beberapa hal diatas dapat anda pahami dan dapat membantu mendongkrak semangat anda dalam mempertahankan sebuah blog.


Happy Blogging...