Belajar untuk menjadi seorang penulis ala saya

Siapa yang tidak ingin jadi penulis? Yang ingin menuliskan sesuatu ide kreatif yang pernah muncul dalam pikirannya, dan membagikannya dengan banyak orang yang menurutnya patut mereka ketahui.


Simpel saja, yang saya tuliskan ini sangat ringan dan gampang sekali, tanpa membuat otak anda menjadi terkuras.


Kenapa saya katakan ringan? Apa tujuan dan maksudnya?.


Maksud saya, mungkin anda pernah membaca beberapa artikel yang pernah di tuliskan oleh para master writing, tentang tips dan trik untuk menjadi seorang penulis yang handal dan cepat, yang saat ini beredar di google, atau di buku-buku panduan writing.


Anda mungkin menemukan banyak sekali berbagai teori-teori dalam artikel yang mereka tuliskan, agar anda bisa menjadi seorang penulis yang terlatih dan bisa di andalkan dimana-mana, dan kapan saja anda siap jika di terjunkan di lapangan, tanpa harus berkata; "maaf, saya bukanlah seorang penulis top".


Sudah jelas saja' disana anda akan menemukan jawaban untuk menjadi seorang penulis, dan akan dilatih oleh para penulis profesional lewat artikel yang mereka tuliskan.


Berbagai teori dan tips juga trik yang anda baca' jelas saja membuat otak anda akan semakin terkrucuk. Apa ada yang mengerti apa arti "terkrucuk?." ibarat yang terkena siram air asam' otak anda setelah membaca berbagai teori dan trik agar anda bisa jadi seorang penulis handal.


Itu sudah jelas saja. Gimana tidak? Jangan di pikir seperti yang pernah saya tuliskan yang lalu; menulis' tidak semudah anda membaca. Artinya, semua teori dan trik untuk menjadi seorang penulis handal, yang pernah anda temukan di berbagai artikel yang di tulis oleh penulis master, itu di
akui.


Dan perlu kita ketahui, berbagai penulis dan penerbit buku-buku yang ada diluar negri' juga sudah mengakuinya. Kalau mejadi seorang penulis harus mengikuti tahap dan teori yang pernah di tuliskan para master writing. Jelas, master lebih tau.


Gimana tidak' otak kita seperti yang terkena asam setelah membacanya. Ternyata, tidak semudah membacanya untuk menuliskannya.


Untuk itu pada paragraf awal tadi, saya menuliskan yang sangat ringan dari apa yang di tulis oleh para penulis master sebelumnya. Tetapi, bukan berarti yang mereka tuliskan seolah tidak berarti. Bukan seperti itu. Tetapi maksud saya, untuk meringankan anda jika anda masih ingin untuk menjadi seorang penulis handal, dan menyempurnakanya.


Membaca.

Hanya membaca. Gampang bukan? Hanya satu hal untuk membuat kita agar menjadi seorang penulis top dan handal. Sehingga otak kita tidak perlu mengkerucut.


Maksud saya, untuk mempermudah langkah anda untuk bisa menjadi seorang penulis yang handal, dan top seperti para penulis yang pernah anda baca beberapa artikel yang mereka tuliskan sendiri.


Membaca. Bukan berarti membaca sembarangan tulisan, atau koran dan artikel yang tidak bermanfaat dan tidak berguna untuk melatih anda di bidang yang anda minati.


Benar! Membaca sembarangan cocok untuk menambah pengetahuan dan wawasan kita. Dan melatih atau mengasah otak setiap hari. Atau yang akrab di sebut, membaca lebih giat sebagai fitamim untuk otak anda.


Tapi, perlu juga kita ketahui, kalau membaca lebih banyak, hanya akan membuat otak anda jadi tekor dan stres, jika apa yang masuk dalam otak kita yang lebih banyak dan tidak kita cerna lewat tulisan dan lain-lain, maka hanya akan membuat stres.


Atau yang akrab di sebut, apa yang ada dalam otak' harus di tuangkan kembali entah itu lewat tulisan kita dan kita bagikan kembali kepada banyak orang


Untuk itu, membaca lebih banyak yang berhubung dan ada kaitannya dengan minat/hoby atau bidang yang anda sedang minati untuk membantu anda lebih banyak, agar anda bisa menjadi seorang penulis yang handal dan top.


Saya mengingat seorang teman yang sudah menjadi penulis artikel olahraga top saat ini, yang dimana di kamarnya penuh dengan buku dan majala olahraga yang ia baca untuk mengasa otaknya.


Maka dari itu, untuk menjadi seorang penulis yang top' anda hanya perlu membaca lebih banyak artikel-artikel, dan buku-buku yang berhubung dengan yang anda minati, dan hoby anda. Untuk memudahkan anda agar menjadi penulis yang handal nanti.


Dan perlu saya pesankan, untuk jadi seorang penulis top' tidak harus anda punya pendidikan yang tinggi, yang penting anda bisa menulis dan membaca yang bagus dan teratur. Anda hanya perlu membac artikel dan buku yang di tulis oleh penulis profesional.


Bukan berarti anda hanya membaca seperti hanya menikmati lalu pergi. Tetapi, perhatikan setiap kata. Setiap kutipan, setiap text dan tanda tanda lalu lintas yang sudah di atur dalam undang-undang setiap penulis harus meperhatikan tanda jeda dan tanda jalan kata. Untuk memudahkan para pembaca setiap yang anda tuliskan nanti mudah di mengerti dan memahaminya.


Untuk itu saya sarankan kepada anda agar membaca artikel penulis yang sudah profesional, untuk membantu memudahkan anda nantinya


Untuk membantu anda cepat jadi penulis yang top, untuk itu saya sarankan, karna penulis yang sudah profesional tidak akan pernah salah meletak kan setiap tanda kata. Jadi, anda tidak akan salah merekam jejak mereka, karna mereka sudah profesional, Dan anda tidak akan sia-sia mengikuti dan belajar dari setiap membaca artikel mereka.


Untuk itu saya sarankan kepada anda jika memang ingin memjadi seorang penulis yang profesional, membacalah yang lebih banyak. Dan ikuti setiap jejak dari apa yang pernah anda baca asal masih berkaitan dan tidak menyimpang dengan bidang dan hoby anda.


Hanya membaca. Bukankah tadi sudah saya katakan, saya akan menuliskan yang ringan saja dan tidak membuat otak anda mengkerecut bagai terkena air asam jika anda ingin menjadi seorang penulis yang profesional.


Hanya membaca, dan selanjutnya anda lebih tau tentang apa yang anda tuliskan yang berhubung dengan minat dan hoby anda sendiri selagi itu tidak berbau negatif.


Itulah tips/cara atau teori yang simple juga ringan, untuk anda jika hendak ingin menjadi seorang penulis yang handal dan profesional. Dan sempurnakanlah dengan berbagai cara yang pernah di tuliskan oleh penulis yang sudah senior, dengan apa yang sudah pernah mereka ajarkan lewat artikel yang pernah anda baca.


Saya yakin, anda bisa menjadi seorang penulis, dan menulis yang terbaik untuk banyak orang di generasi selanjutnya.


Tidak butuh gelar yang tinggi, atau sekolah yang tinggi untuk menjadi seorang penulis yang berpengalaman tinggi.


Semoga bermanfaat untuk meningkatkan bakat tulis yang ada dalam diri anda.




Penulis

Watriman Bago




***

menulis.jpg