Perlu Kembali Melihat Masa Lalu Untuk Menjalani Masa Yang Akan Datang


Saya sering menyebut dalam istilah bahasa saya "Melihat Kembali Kebelakang" (MKK". Dan mungkin juga anda punya istilah yang sangat berbeda dari saya.

Mengapa harus melihat kembali kebelakang? Dan sepenting apakah hingga kita harus kembali melihat kebelakang?

Ada banyak orang yang gagal dalam berjalan menjalani masa sekarang hanya karna gagal melihat kebelakang atau kemasa lalu. Gagal melihat masa lalu, hingga akhirnya mereka melakukan hal dan kesalahan yang sama. Yang mana membuat mereka jatuh dan tidak bisa bangkit lagi.

Itu bukan kesalahan yang baru, tetapi itu adalah kesalahan yang sama, yang mana pernah anda lakukan dahulu dan sekarang kembali anda lakukan lagi.

Itu sebabnya, kita perlu kembali melihat kebelakang, kemasa lalu. Apa saja hal dan kesalahan yang sudah kita lakukan dimasa lalu. Apa yang perlu kita kutip dari masa lalu untuk menjalani masa yang akan datang.

Anda pernah jatuh dimasa lalu? Lalu dimasa sekarang anda kembali terjatuh lagi seperti dahulu.

Saya rasa, sudah sering kali kata ini saya tuliskan. Namun untuk kali ini, kembali lagi saya tekankan. Ingat ! Gagal dimasa lalu, itu adalah kesalahan. Tapi jika anda masi gagal dimasa sekarang, itu adalah pilihan dan bukan lagi kesalahan.

Itu karna kesalahan anda gagal untuk melihat kembali kebelakang. Mungkin saja anda bisa belajar banyak dari kesalahan yang dahulu jika memang anda tidak gagal melihat kebelakang.

Perlu kita ketahui dalam hal ini, terutama dalam menjalani masa yang akan datang nanti. Bahwa tanpa masa lalu, anda bukanlah apa - apa dimasa sekarang. Anda bisa berdiri tegap saat ini sambil memegang map dan duduk di hadapan komputer, itu karna anda banyak belajar dari masa lalu.

Maksud saya, fondasi pertahanan anda dalam menjalani masa sekarang, dan anda dapat melihat gambaran keberhasilan dan jalan terang, karna anda punya masa lalu yang suram dan kelam.

Yang mana dahulu mungkin saja banyak kesalahan dan kesilafan dalam mengambil pilihan dalam menjalani berbagai jalan kehidupan dan dalam meraih keberhasilan dan kesuksesan.

Namanya saja manusia, pasti tak luput dari kesilafan dan kesalahan dalam menentukan dan memilih jalan kehidupan. Itu sudah pasti saja.

Namun, kembali saya ingatkan. Kegagalan yang pertama, itu adalah kesalahan dan kesilafan. Tetapi, untuk kedua kalinya, itu adalah pilihan, yang mana mungkin saja anda sudah berfikir abis - abisan sebelum menentukan pilihan.

Karna hal semacam ini, bukan saja yang pertama kalinya terjadi dalam hidup anda. Tetapi sudah yang kedua kalinya. Dan bahkan mungkin sudah sering kali terjadi.
Untuk itu kita perlu kembali melihat kebelakang dalam menjalani masa sekarang baik itu masa yang akan datang nanti.

Agar bagai mana kita supaya tidak kembali melakukan kesalahan yang sama dimasa sekarang seperti yang kita lakukan dimasa lalu yang membuat kita terjatuh dan tak bisa bangkit lagi.

Karna tidak sedikit orang yang gagal berjalan menjalani dimasa sekarang, hanya karna gagal kembali melihat kebelakang. Yang seharusnya mereka sudah banyak memahami tentang jalan bisnis yang mereka kelolah hanya akan membuat mereka terperangkap .

Seharusnya mereka sudah banyak belajar memahami tentang bagai mana cara mendidik anak agar patuh pada orang tua. Bukan sebaliknya orang tua takut akan anaknya.

Seharusnya mereka sudah lebih memahami dan banyak belajar tentang bagai mana cara menghargai orang tua dan kepala -kepala negara yang berjasa.

Dan seharusnya mereka lebih memahami dan mengerti apa itu dan bagai mana itu pendidikan disekolah - sekolah yang sebenarnya. Bukan malah sebaliknya prilakunya seperti orang yang tidak pernah berpendidikan.

Padahal punya masa lalu yang seharusnya dapat dilahat kembali untuk bisa mengerti tentang semua itu. Tentang apa itu kehidupan, kesuksesan kegagalan dan keterlantaran dalam pendidikan dan segala macam.

Namun, karna gagal melihat kebelakang, semua seolah tidak berguna dan tidak bermakna sama sekali. Tidak seperti apa yang seharusnya terjadi, dan tidak seperti yang selayaknya didapatkan.

Hanya karna gagal melihat kebelakang, gagal melihat kemasa lalu, akhirnya masa sekarang dan masa yang akan datang akan jadi lebih suram dan bahkan lebih tenggelam.

Yang mana pada akhirnya, kembali melakukan hal dan kesalahan yang sama seperti apa yang dilakukan dan di jalani dahulu, kembali lagi di nikmati masa sekarang.

Lihat kebelakang, lihat kemasa lalu. Disana ada banyak yang harus kita lihat untuk menjalani masa sekarang. Yang mana dapat menjadi penunjuk arah dan pedoman untuk kita dalam menjalani masa sekarang baik itu masa yang akan datang.

Jangan terus berjalan dan hanya melihat kedepan seolah tidak akan terjadi apa - apa.

Ingat ! banyak pilihan dimasa sekarang. Dan berhati - hatilah dalam berjalan menuju masa mendatang.

Hanya melihat kebelakang untuk dapat mengerti tentang bagai mana berjalan di masa sekarang. Tidak harus berpendidikan tinggi untuk bisa mengerti.

Salam Dan Selamat Menikmati


Penulis

(Watriman Bago)


Watriman Bago


melihat-kembali-kemasa-lalu.jpg