Menulis adalah sala satu cara saya untuk mencegah datangnya stres




Menulis, berarti menuangkan yang ada dalam pikiran, menceritakan atau mengungkapkannya dalam sebuah buku lewat tulisan anda. Apa anda mengerti dengan apa yang saya maksud?. "semoga saja"


Perhatikan, anda memendam banyak hal yang anda temukan, yang masuk dalam pikiran anda sehari-hari. Entah itu yang baik, maupun yang buruk. Anda bisa melepaskan apa yang ada dalam pikiran anda lewat tulisan, kalau tidak, anda akan stres.


Anda tidak bisa terus menyimpan dan memendam semua hal sebanyak itu dalam pikiran anda.
Anda harus melepasnya lewat tulisan, tanpa ada seorang pun yang tersakiti. Entah itu di buku harian anda, di note book, atau dimana nyaman anda untuk menuangkannya.


Jika anda bertanya pada saya? saya biasa menuangkan berbagai hal yang ada dipikiran saya dalam sebuah buku. Apa yang masuk dalam pikiran saya sehari-hari, yang dimana sangat menjadi beban dalam pikiran, saya tuangkan dalam sebuah buku. Artinya, banyak hal yang saya rara menjadi beban pikiran, semua saya muat dalam sebuah buku.


Apa yang mengganggu dalam pikiran saya, semua saya tuangkan dalam sebuah buku lewat tulisan, tanpa ada yang tersakiti dan terlukai dengan berbagai hal gila yang sulit di ungkapkan kepada orang dengan secara langsung lewat kata. Sehingga membuat pikiran saya menjadi tenang, seolah semua hal yang menjadi beban pikiran sudah terlepaskan, meskipun itu dalam sebuah buku.


Lebih baik menyimpan semua hal yang anda temukan sehari-hari di dalam sebuah buku, daripada anda menyimpannya dalam pikiran anda, yang hanya membuat anda akan menjadi stres.


Ada banyak hal yang masuk dalam pikiran dalam sehari. Jadi anda bisa menuangkan dan menuliskannya dimana saja anda inginkan.


Menulis, berarti anda meringankan beban yang ada di pikiran anda. Menuangkan berbagai hal dalam pikiran kedalam sebuah buku, ada banyak juga yang sulit di ungkapkan. Jadi, dengan menuangkannya lewat tulisan, berarti anda sudah meringankan beban pikiran anda, dan tidak perlu lagi menyimpannya terus di dalam pikiran. Karna, itu bisa saja menghantui anda terus-terusan, dan membuat anda menjadi stres.


Tuliskan dan simpanlah apa yang ada dalam pikiran anda, entah itu dalam sebuah buku, atau dimana saja anda menulisnya. Dari pada anda membawa dalam tidur anda, lalu keesokan paginya anda sudah tidak dapat terbangun lagi.


Itulah yang dimaksud cara bijak untuk melepas apa yang mengganggu dalam pikiran, tanpa ada yang harus tersakiti. Jika anda orang bijak, anda akan menggunakan pengalaman tersebut. Anda berbagi apa yang menjadi beban pikiran anda lewat tulisan, lalu menyimpannya.


Itu akan membantu anda meringankan beban pikiran dan banyak hal gila yang mengganggu di pikiran anda sehari-hari.


Jika anda sudah menuangkan berbagai hal-hal yang masuk dalam pikiran anda sehari-hari lewat tulisan, lalu anda menyimpannya, otomatis apa yang tadi ada dalam pikiran anda, sudah pindah dalam sebuah buku. Jika anda menuliskannya dalam buku.


Anda bisa rilex, dan daya pikir anda akan terasa ringan, tidak mudah stres, dan selalu siap. Karna besok akan ada hal baru yang akan datang masuk dalam pikiran anda lagi. Jadi anda sudah siap untuk memikirkan hal yang baru, karna yang kemarin sudah menjadi sebuah buku catatan sejarah dalam hari-hari anda.


Alangkah tenangnya jika pikiran kita, selalu siap untuk menantikan setiap hal baru, dan menyalin kedalam buku setiap hal yang mengganggu. Maka dijamin anda akan tidur nyenyak tanpa ada hal aneh yang menghantui pikiran.



Penulis

Watriman Bago




***

stress-1-2.jpg