Menyesuaikan Itu Sangat Penting Lihat Dan Perhatikan Hal - Hal Penting Dan Yang Perlu Diperhatikan

13 juli hingga saat ini, saya baru kembali lagi menurunkan satu postingan. Ya, cukup lumayan lama juga ya?.

Tentu saja kita pasti saling merindukan posting satu sama lain dan antara lain. Walau kadang apa topik yang kita bahas dalam suatu posting, tidak begitu bermutu dan tidak bermanfaat. Tetapi yang namanya berkarya itu, jelas tidak menentukan suatu nilai dari itu. Dan pasti pada awalnya amburadur dulu, dan akan di perbaiki seiring berjalan nya waktu nanti.

Mengapa Saya Jarang Ngepost?

Meski kadang saya sering merasa bahwa apa yang saya bahas dalam sebuah posting tidak begitu bermanfaat, namun tampak dari beberapa yang sering datang ke blog sangat merindukan sebuah posting dan pembahasan dari saya.

Beberapa orang bertanya kepada saya, ada beberapa dari teman di Bp, dan beberapa dari public facebook. "Mengapa Saya Jarang ngepost?".

Jelas saya punya alasan tersendiri yang tidak mungkin di publikasikan kepada teman - teman. Jika itupun di publikasikan, pasti tidak akan membantu dalam memecahkan masalah pribadi.

Namun dalam hal ini perlu juga kita ketahui, Bahwa ADMIN Blog Inspirasi, tidaklah jones seperti yang baru saja di katakan seseorang. Meskipun jelek, jarak jauh, dan beda agama, saya juga punya. :D

"Mengapa saya jarang post?" Sebenarnya tidak ada hal yang janggal dan berbeda disini, dan semua normal - normal dan baik saja sebagai mana semestinya di lakukan oleh seorang blogger. Dan tidak ada yang perlu di kawatirkan tentang beberapa hal yang beresiko untuk postingan.

Karna perinsip saya dalam mengelolah sebuah blog artikel tanpa terkecuali, tidak pernah berubah sejak jaman mywapblog.com dan sampai sekarang. Antara lain, perlu kita atau saya perhatikan sebelum menerbitkan sebuah posting pada blog.

1. Keadaan Dan Suasana Keamanan Sebuah Blog Sebelum Menerbitkan Sebuah Posting

Selain sudah menentukan sobuah topik atau pembahasan yang mana viral dan banyak di minati para pembaca, dan tidak sampai di situ saja. Kita juga perlu memperhatikan hal - hal seputar keamanan blog yang kita tempati.

Karna bisa saja sebuah blog akan mengalami gangguan pada server atau database yang bisa saja menghambat visitor dan kedatangan pengunjung yang datang untuk membaca postingan yang kita terbitkan pada sebuah blog.

Dan itu tidak hanya di perhatikan dan di antisipasi oleh seorang blogger yang berkarya di builder kecil saja. Bahkan blogger yang berkarya di builder dan web terbesar pun, sangat mengantisipasi terjadi nya hal tersebut.

2. Pastikan Postingan Sebelumnya Sudah Sucses Sebelum Menerbitkan Postingan Berikutnya

Seorang blogger meluangkan waktu untuk membuat mengarang dan menuliskan sebuah postingan, agar bagai mana dapat di baca dan nikmati oleh banyak pembaca.

Nah, jelas sebuah posting tidak akan sucses dalam satu malam setelah di terbitkan. Tentu kita butuh waktu untuk mempromosikan setelah di publikasikan.

Agar postingan yang sudah di terbitkan, sucses di lihat dan dibaca oleh banyak pengunjung sebelum menerbitkan postingan berikutnya.

Karna menurut saya, sebelum postingan sebelumnya sucses di baca banyak pengunjung, lalu menerbitkan postingan berikutnya, itu sama saja tidak ada artinya. Karna seorang blogger tidak bisa berpedoman dengan kategori yang ada. Karna pengunjung sekarang hanya akan tertuju pada posting terbaru saja.

Untuk itu seorang blogger di tuntut harus punya skil dalam berpromosi, agar pengunjung dan pembaca lebih banyak ketimbang postnya di banyakin terlebih dahulu di blog.

3. Perkembangan Dan Meningkatnya Visitor Sebuah Blog

Berkembang nya sebuah blog dan meningkat nya visitor, tentu ini suatu hal yang perlu kita/saya perhtikan dan di pertahankan sebelum menerbitkan sebuah postingan berikutnya.

Tentu hal ini semakin menuntut kita untuk meningkatkan kualitas sebuah postingan dari yang di publikasikan sebelum nya. Karna jika hal ini tidak diperhatikan, bisa saja kualitas pada posting berikutnya menurun dan membawa petaka pada sebuah blog.

Jelas ini butuh waktu untuk mengolah - olahnya. Lagi pula, dalam mengelolah sebuah blog artikel, wajib kian hari kian berkualitas dalam membuat suatu content dalam sebuah postingan. Bukan kian hari kian letoy dalam sebuah pembahasan pada sebuah posting, atau itu - itu aja.

4. Memperhatikan Suasana Di Sekitar Lapangan Yang Di Tempati

Tujuan nya, tidak lain, Agar saat kita menerbitkan sebuah posting di blog, orang sekitar lapangan tertuju pada sebuah posting yang kita publikasikan. Jika sebuah posting sucses di lihat dan di baca, jelas pada posting berikutnya tidak akan memakan waktu lama untuk menunda.

Karna menurut saya, jika dimana saat orang di lapangan sibuk berpromosi, dan disitu pula kita menerbitkan sebuah posting dalam waktu bersamaan, maka yang ada kesia - siaan saja.

Karna mereka lebih terfokus dengan mempromosikan dagangan atau karya mereka. Atau mereka hanya mampir biar kita mampir balik. Bukan mampir buat membaca posting yang kita terbitkan.

5. Wajib Memperhatikan Seputar Postingan Blog Teman Sebelum Menerbitkan Postingan Di Blog Sendiri

Jelas hal ini adalah hal yang utama dan wajib di lakukan oleh seorang blogger, yang berarti untuk menghargai karya teman sesama blogger. Namun, tidak sedikit blogger yang mengbaikan hal dan kewajiban ini.

Tapi bagi saya, hal ini sungguh tidak pernah saya abaikan selama saya menyandang status seorang blogger. Walau pun saya tidak menerbitkan posting pada sebuah blog, namun saya akan tetap meluangkan waktu untuk memperhatikan posting dan seputar blog teman.

Karna bagi saya, hal ini wajib dan penuh makna serta sangat bermanfaat sekali dalam membangun sebuah blog dan mengembangkan suatu apa yang tertanam dalam diri masing - masing. Entah itu bakat tulis, maupun yang lainya yang dalam tahap pengembangan.

Kurang lebih seperti itulah hal penting yang perlu di perhatikan, dan banyak hal lainnya lagi. Jadi wajar saja kalau seorang blogger butuh waktu yang wajar sebelum menerbitkan sebuah posting pada sebuah blog.

Mungkin motifasi dari mbak Lisa Nel's ini sejak di mywapblog.com, akan menjadi kebenaran buat saya, dan akan jadi kebenaran 100 tahun kedepan nya untuk para blogger lainnya.

Kenapa Harus Dengan Mbak Lisa Saya Termotifasi Dalam Mengelolah Sebuah Blog? Kenapa Tidak Dengan Senior Lainnya?

Ya, mungkin saja saya sangat termotifasi dengan blogger yang saya sebutkan di atas. Dari mendesing tampilan dan tata letak sebuah blog, sampai cara mengelolah sebuah blog, saya banyak belajar dari situ walau tidak secara langsung.

Lantas kenapa harus dengan Mbak Lisa saya termotifasi dalam mengelolah sebuah blog? Kenapa tidak dengan blogger master lainnya?. Jangan - jangan ada apa - apanya?.

Tapi tenang aja sob, tidak ada hal negatif dalam hal ini. Alasan nya tidak lain, karna Mbak Lisa sangat memperhatikan segala hal dalam mengelolah sebuah blog. Dari mulai tata letak tampilan blog sampai mengelolah sebuah blog.

Bila di banding dengan blogger master lainnya seperti mas sugeng lah contoh nya, yang hanya terfokus dengan content yang berkualitas pada sebuah blog, namun tidak memperhatikan tata letak dan tampilan sebuah blog. Meski yang utama itu sebuah content, namum tanpa tata letak tampilan? oh no.

Atau seperti blogger master lainnya, yang hanya terfokus dengan satu kategori saja dalam sebuah blog. Adapun kategori lain, namun itu tidak lain dari tutor atau artikel tips, dan tidak menghibur seperti carpen, cerbung, puisi, kehidupan, dan resep dapur.

Mungkin tidak ada kaitan dan hubungan nya dengan kategori blog saya, karna saya tidak pernah menerbitkan posting berupa carpen, puisi, dan cerita bersambung.

Tapi walaupun hanya sesaat waktu itu, saya sudah pernah mengelolah sebuah blog yang berkategori seperti itu. Yang pada akhirnya hanya tinggal kenangan semata.

Untuk itu sekarang saya tidak melanjutkan untuk mengelolah sebuah blog yang pernah tenggelam di mywapblog, yang berkategorikan berbagai cerita dan carpen. Karna menurut saya, tidak mungkin cerita dan carpen yang pernah saya tulis dahulu kembali saya tulis lagi sekarang.

Lalu Apa Tujuan Dari Motivasi Di Atas?

Motivasi di atas bertujuan tidak lain, bahwa dalam mengelolah sebuah blog bukan hanya tertuju dan terfokus pada suatu content dalam sebuah blog saja yang harus di perhatikan. Tapi juga sebuah tampilan dan tata letak yang sesuai dengan content sebuah blog penting juga.

Karna beda halnya dengan sebuah sumber informasi dan sumber berita. Tetapi sebuah blog yang di kelolah dengan berbagai macam kategori dan menyajikan content yang berkualitas, harus disesuaikan dengan tampilan dan tata letak yang strategis dan menarik.

Karna itu adalah point besar untuk menunjang dan membantu melengkapi suatu topik dalam sebuah content yang tersaji pada kategori sebuah blog.

Mungkin hanya sampai disini dulu pembahasan yang dapat saya bahaskan dalam sebuah artikel kali ini, yang mungkin saja tidak begitu berkualitas dan bermanfaat.

Jika ada yang ingin di tambahkan, silahkan tambahkan di kolom komentar.

Happy Blogging...


Penulis

(Watriman Bago)


Watriman Bago


posting.jpg